“Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, Kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia di antara kamu di sisi Alloh ialah oarng yang paling bertaqwa. Sungguh, Alloh Maha Mengetahui, Mahateliti” (Qs. 49(Al-hujrat): 12).

Mengawali pembahasan analisis kluster, ayat Al-Quran di atas sengaja penulis kutipkan. Terdapat banyak karakteristik dalam diri manusia. Kita berbeda dalam hal bahasa, warna kulit, warna bola mata, bentuk rambut, postur tubuh dan masih banyak lagi perbedaan lainnya. Untuk memudahkan identifikasi, manusia kita kelompok-kelompokkan menjadi bagian-bagian kecil. Manusia penghuni dunia bisa kita kelompokkan menurut bangsanya. Di dalam satu bangsa bisa dikelompokkan lagi menurut suku-suku dalam satu bangsa dan seterusnya. Dalam analisis multivariat, untuk pengelompokkan objek digunakan analisis kelompok atau lebih dikenal dengan analisis kluster (cluster analysis).

Analisis kluster merupakan teknik multivariat yang bertujuan untuk mengelompokkan objek-objek berdasarkan karakteristik yang dimilikinya. Objek yang memiliki kemiripan dengan objek lain dikelompokkan dalam satu kelompok. Pada akhirnya, objek dalam satu kelompok bersifat homogen sebaliknya, antar kelompok akan bersifat heterogen.

Berikut beberapa referensi yang sangat bermanfaat untuk memahami analisis kluster:

1. Analisis-cluster

2. Tabel-2-matrix-proximate (lampiran untuk poin 1)

3. Cluster Analysis: Basic Concepts and Algorithms

4. Analisis-akuclusterfaktor

5. Analisis-kelompok

15 Responses to “Analisis Kluster (Cluster Analysis)”

  1. muhamad sidik Says:

    terimakasih pak semoga allah membalas kebaikan bapak

  2. DAP Says:

    Terima kasih atas artikel cluster Anda sangat bermanfaat semoga Allah membalas dengan lebih baik…

  3. jibman Says:

    mantap pak


  4. mas, saya mau tanya tentang ward’s method ada referensinya?

  5. Zico Says:

    Salam kenal Pak..

    Saya Zico, lulusan S1 Statistika Unpad. Saat ini saya sedang mencari referensi mengenai Robust Cluster Analysis. Sebab seperti yang kita ketahui, bahwa Analisis Klaster sangatlah sensitif terhadap outlier.

    Nah, yang mau saya tanyakan, apakah ada Analisis Klaster yang robust? Boleh minta referensi beserta langkah-langkah di software-nya (SPSS/e-views/MINITAB/lainnya.

    Terima kasih.😀

  6. tuti Says:

    pa, punya bahan tentang aplikasi analisis kluster dengan metode ward???

  7. fira Says:

    ass…
    pak saya mau tanya tentang wards method dan contohnya.?

  8. Ulfiani Says:

    Salam kenal….
    Trimakasih atas blognya,sangat membantu saya dalam kuliah.
    Pak,saya masih dalam proses skripsi.Yaitu tentang perbandingan metode analisis cluster K-Means dg Model-Based.Saya mengalami kesulitan pada referensi….apakah anda bisa memberi masukan buku2 yang membahas tentang analisis cluster,terutama yang membahas algoritma model-based

  9. sari Says:

    mas punya referensi yang lengkap tentang metode ward pada analisis kluster beserta rumus-rumusnya dan langkah-langkah penggunaannya?

  10. nita Says:

    pak bisa tolong jelaskan bagaimana cara menganalisis data yang berupa matriks simetris menggunakan analisis cluster…data lebih dari 200…terimakasih

    1. Suryana Says:

      To Nita: Saya belum bisa menangkap maksud dari pertanyaan Sdri. Apakah matriknya 200×200 atau seperti apa?

  11. yani Says:

    pak, tolong penjelasan tentang analisis kluster diperjelas lagi. Seperti asumsi apa yg harus dipenuhi, dan sebagainya

  12. Agus Santoso Says:

    Mas Suryana saya saat ini sedang mempelajari Structural Equation Modeling. Saya mohon dikirim penjelasan tentang Struktural Equation Modeling, Saya sedang mengolah data untuk Confirmatory analisis tapi setelah keluar OUTPUT dari LisRel saya tidak paham untuk mendeskripsikan hasilnya. Konsep Rancangannya sederhana mas: observe variabelnya ada 6 latennya ada satu. Kemudian ada beberapa statistik yang bisa digunakan untuk melihat fit atau tidaknya model: misalnya Chi-Kuadrat, p-value, RMSE,GFI dan lain-lain itu bagaimana kriterianya untuk menyatakan bahwa modelnya fit dengan data berdasarkan nilai-nilai statistik tersebut. Terima kasih


  13. […] objek digunakan analisis kelompok atau lebih dikenal dengan analisis kluster (cluster analysis). Lebih detil. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s