Analisis Faktor

Analisis faktor adalah analisis statistika yang bertujuan untuk mereduksi dimensi data dengan cara menyatakan variabel asal sebagai kombinasi linear sejumlah faktor, sedemikian hingga sejumlah faktor tersebut mampu menjelaskan sebesar mungkin keragaman data yang  dijelaskan oleh variabel asal.

Model analisis faktor adalah :

 

X1 = c11 F1 + c12 F2 + c13 F3 + … + c1m Fm + e1 

X2 = c21 F1 + c22 F2 + c23 F3 + … + c2m Fm + e2

X3 = c31 F1 + c32 F2 + c33 F3 + … + c3m Fm + e3

Xp = cp1 F1 + cp2 F2 + cp3 F3 + … + cpm Fm + ep

 atau

  

 (p x 1)                (p x m)                        (m x1)

 Untuk lebih memahami analisis faktor silakan merefer ke referensi berikut:

 

1. http://www.psppr-ugm.net/jurnalpdf/faktor-analysis.pdf

2. http://mail.pl.itb.ac.id/~zpontoh/PL212/StatCH15/sld001.htm

3. www.statsoft.com/textbook/stfacan.html 

4. analisis-faktor
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

41 Comments

  1. Salam mas,,

    sy sedang menyiapkan tesis dengan menggunakan SEM, klu bisa mas berikan rekomendasi untuk buku-buku yang yang dapat sy baca untuk faham analisis SEM ini. terimakasih mas atas pertolongannya.

  2. Assalamualaikum Wr. Wb…

    maaf sebelumnya pak saya mau tanya, aplikasi apa yang lebih cocok digunakan pada analisis faktor konfirmasi, apakah AMOS, Liseral atau SPSS ?

    dan apa keuntungan dari program tersebut bila digunakan pada analisis faktor konfirmatori ?

    dan apa perbedaan analisis faktor konfirmatori dengan SEM ?

    terima kasih…
    Wassalam…

  3. pak,,sya mau nanya,,saya lg nyusun skripsi dgn judul analisa faktor penyebab kegagagalan lelang..sya disuruh pake metode analisa faktor..itu gmn caranya pak? skala pengukuran saya pake skla liker? hub nya apa pak?
    tks

  4. sangat menarik pembahasannya.
    yang hendak saya ingin tanyakan adalah bila ingin mengambil judul penelitian mengenai analisis faktor, apakah variabel penentu yang ingin dimasukan kedalam pembahasan bagaimana caranya atau di tentukan secara tersendiri? mohon solusinya. terima kasih.

  5. pa, maaf mau tanya..skripsi saya mengungkap faktor-yang m,empengeraruhi siswa SMP dalam memilih sekolah lanjutan, aspek yang diungkap adalah internal dan eksternal, yang ingin saya tanyakan..bagfaiman tahapan pengerjaannya untuk mengetahui aspek yang paling dominan

  6. Assalamualikum pak,saya mau tanya.skripsi saya berjudul “analisis faktor-faktor yang mendorong pelaksanaan manjemen perubahan pada pt x” faktor nya itu ada 2 eksternal (terdiri dari perkembangan teknologi,kondisi ekonomi,kompetisi global dan kebijakan pemerintah) dan internal (terdiri dari strategi korporasi,teknologi&peralatan yang digunakan,dan employee attitudes)
    Pada akhirnya saya mau liat, faktor manakah yg paling dominan dalam mendorong pelaksanaan manajemen perubahan tersebut. Dan bagaimana pengaruh masing2 variabel thd manajemen perubahan tsb.
    apakah metode analisis nya bisa pake analisa faktor pak? Atau pake apa ya pak? saya msh belum paham. Terimakasih sebelumnya pak 🙂

  7. saya mau bertanya pak, jika judul penelitian “faktor-faktor yg mempengaruhi sikap dan perilaku etis auditor”, tujuannya : mengetahui faktor2 apa saja yg mempengaruhi sikap dan perilaku etis auditor

    apakah ada analisis lain selain analisis faktor??
    jika ada, analisis apa ya pak??

    mohon bantuannya pak..
    trima kasih

  8. pak..jika judul penelitiannya “faktor-faktor yg mempengaruhi masyarakat non muslim menjadi nasabah bank syariah”, tujuannya :
    1. mengetahui faktor2 apa saja yg mempengaruhi masy non muslim mjd nasabah bank syariah
    2. menganalisis faktor mana yg paling dominan

    apakah tepat jika digunakan analisis faktor pak?
    jika tidak, metode apa yg paling tepat?

    mohon bantuannya pak..
    trima kasih

  9. pak saya melakukan penelitian tentang pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada toko toserba, tapi kata dosen saya harus memakai analisis faktor jadi bagaimana cara nya pak. saya tak tahu bagaimana analisis faktor itu. mhn bimbingan nya.

  10. pak, saya mau tanya..
    jika saya mengangkat judul skripsi analisis faktor-faktor yg mempengaruhi pembayaran cuti karyawan, rumus apa yg bisa saya gunakan..??
    apakah analisis faktor bisa saya gunakan..??

  11. pak, saya mau tanya
    saya mau melakukan analisis faktor pada kumpulan pertanyaan dalam penelitian saya yang jumlah pertanyaannya lebih banyak dari pada jumlah responden, apa itu analisis faktor bisa dilakukan dengan keadaan yang seperti itu? kalau tidak bisa, apa saya bisa membagi pertanyaannya menjadi beberapa kelompok dulu dan melakukan analisis?

    terimakasih

    1. Waalaikum salam Rahma,
      Jelas beda antara analisis faktor dan SEM. Anda hanya bisa menggunakan SEM untuk model yang melibatkan persamaan simultan. Selain itu, analisis faktor yang digunakan dalam SEM hanya analisis faktor konfirmatori.

  12. maaf pak, saya mau tanya. skripsi saya membahas faktor – faktor yang mempengaruhi forecast tidak sesuai dengan actual nya.
    apakah saya harus memakai analisis faktor pak? untuk nanti dihasilkan sebuah strategi nya saya menggunakan metode apa ya pak? terimakasih sebelumnya pak. besar harapan saya bapak memberikan masukannya.

  13. Permisi pak, mau tanya bagaimana jika dalam analisis faktor tersebut yang dilakukan melalui spss ternyata hanya 1 faktor yang terbentuk dan karena hanya 1 faktor tersebut maka penyelesaian tidak dapat dilakukan rotasi. Bagaimana analisanya jika terdapat kasus tersebut ? terimakasih

  14. asalamikum,,pak saya ingin bertanya sedikit,,saya masiswa pend.ekonomi,,skripsi saya jdl saya tentang evaluasi penerapan moving class,,cocok tidak kalo pake analisis faktor,,saya mashh bingung,,buku analisis faktor yang bgs karangan siapa ya pak??trimaksih,,wasslam

  15. pak,saya mau sdkit nanya.skripsi saya berjudul “analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan”
    kualitas pelayanan itu sendiri kan memiliki 5 faktor(realibility,assurance,tangible,responsiveness,
    empathy)
    ujungnya nanti sya pengen liat, faktor manakah yg paling berpengaruh utk kepuasan pelanggan.
    apakah metode analisis nya bisa pake analisa faktor pak?
    soalnya sya msh belum familiar dg analisa faktor.
    thx
    cheers

    1. Dear Andani,
      Untuk kasus sebagaimana Andani utarakan, analsisi faktor dapat diterapkan untuk mengkonfirmasi kelima faktor tersebut apakah sesuai dengan data yang diteliti (mengkaji validitasnya). Untuk mengetahui faktor mana yang berpengaruh tersebut terhadap tingkat kepuasan pelanggan selanjutnya dapat digunakan analisis regresi. Jangan lupa definisikan bagaimana mengukur tingkat kepuasan. Demikian, terima kasih.

  16. Pak…ada tidak contoh skripsix yang menggunakan alat analisis faktor, kira2 dimana aq bisa dapatkan bahanx…makasih sebelumx.

  17. Asw. Pak…aq bingung, aq skarang lagi nyusun, judul skripsi saya Analisis Determinasi Prestasi Kerja pada pegawai kantor XWZ. sebelumx aq menggunakan alat analisis regresi linear berganda, tapi skarang diganti dengan alat analisisx diganti menjadi analisis faktor. aq bingung yang mana yang dimaksud dengan analisis faktor.

  18. pak…saya mahasiswa statistika dari unibraw.saya ingin membuat judul skripsi tentang pemilihan M-estimator,S-estimator dan MCD sebagai metode pendugaan parameter terbaik pada analisis faktor robust.bagaimana menurut pendapat bapak?dimana saya bisa menemukan algoritma dari metode-metode yang saya pakai?

  19. mas,ttg ultivariate ada contoh2 soal untuk setiap jenisnya ga? buad skripsiku mas.. bingung cari contoh soalnya dan pembahasannya dengan menggunakan minitab.. kalo bisa tolong dibalas ya mas.. ke email saya juga boleh.. makasi mas ^^

  20. asslm pak… saya baru proses olah data tesis di mts unsyiah aceh…
    dari ide dan kasus di perush saya munculah

    judul yang sdh acc prov tesis ; faktor -faktor pengambilan keputusan membeli atau menyewa alat berat pada perusahaan konstruksi di prov aceh..

    nah analisa faktor inilah yang saya tidak mudeng… mohon bimbingn nya pak… mohon saya di kasih no hp bapak agar saya bisa konsul langsung

    ttd
    sunanto suko nugroho
    0852 2604 5949

  21. salam, pak apa bedanya analisis faktor dengan analisis metode SEM, dan menurut bapak, klo judul skripsi saya “analisis faktor-faktor tahun 2007, dan menggunakan 6 poin skala likert yang memiliki rentang dari utility,context,control,sarcrifice, trust terhadapa penerimaan mobile advertising berbasis sms..
    mohon sarannya..
    makasih

  22. Salam kenal pak…artikelnya bermanfaat sekali..
    sy juga menggunakan analisis faktor dlm skripsi.
    saya gunakan untuk mengetahui faktor2 yg mempengaruhi keputusan pembelian terhadap frozen yoghurt.
    yg sy tnyakan apakah sampel untuk analisis faktor ada min. jumlahnya??karena di bbrp artikel dan buku yg sy baca sampel yg diambil harus 1:4 atau 1:5..yg benar itu yg mana ya pak??
    terimakasih..

  23. Mas, aku tertarik untuk melihat tesis mengenai analisis faktor.. mungkin bisa dikirim ke emailku ini.. thx ya

  24. Mas aku juga minta contoh-contoh tesisnya donk, kirim aj ke email ku ini. tx, sy disuruh gunakan analisis faktor juga loh…

  25. mas mo tanya dong, sy pgn bikin hub antara modas dengan tingkat kemiskinan (makro dr ssn), nah kira2 bisa ga pke an. faktor, or punya rekomendasi laennya? oya mas punya contoh2 tesis ga?mau dong mas…mohon bantuannya ya mas, trimakasih

    1. @lilik: Modas = modal sosial sebuah konstruk, kemiskinan juga sebuah konstruk. Analisis keduanya lebih pas pake SEM deh. Contoh tesis ada khususnya angkatanku 1 DVD. Mau….? Sa kirim ke mana?

      1. mas..sy mau dung contoh skripsi atau tesis yang menggunakan analis SEM..penelitian sy tentang faktor-faktor yg mempengaruhi minat untuk sekolah di SMA X..tolong kirim k mailku ya…matur nuwun

  26. Pa, Saya Mau tanya…Apakah ada hubungan antara Analisis Faktor, Analisis Jalur dan Regresi??Apa kekurangan dan kelebihan Analisis faktor dibandingkan Analisis Jalur dan Regresi??
    Terima Kasih..

  27. pak, saya mau nanya…saya mengambil judul skripsi segemntasi gaya hidup pria pada penggunaan produk biore…varibelnya ada 2 gaya hidup dan atribut produk..
    jd analisis faktor yang saya pake gaya hidup dan atribut produk.atao hanya gaya hidup saja..
    thanks

    1. @mala: Untuk kasus Mala, saya lebih merefer Mala untuk menggunakan analisis kluster. Dengan analisis kluster Mala akan mendapatkan informasi segmentasi penggunaan produk biore berdasarkan gaya hidup pria yang diamati. Terima kasih untuk kunjungannya dan jangan sungkan untuk tetap berkomunikasi jika ada hal lain yang perlu didiskusikan.

  28. saya mau nanya pak. . apakah keunggulan analisis faktor dengan metode komponen utama dibandingkan analisis faktor dengan metode MLE? tolong dijelaskan. . trus apakah analisis faktor bisa dilanjutkan ke analisis yang lain? terima kasih. .

Leave a comment