Multivariat

Page ini memuat segala sesuatu yang berkaitan dengan analisis multivariat. Mulai dari dasar-dasar multivariat sampai perkembangan mutakhirnya. Analsis Multivariat dapat dikelompokkan menjadi: Konfirmatori dan Eksploratori

56 Comments

  1. Pak saya mau tanya utk kelancaran pengajuan judul skripsi saya pak. Saya belum menemukan jwbn di internet. Saya rencana mau ajukan skripsi analisis jalur dengan perbandingan menggunakan spss dan amos. Apakah akan menghasilkan hasil yg berbeda untuk kedua program itu pak? Atau hasilnya akan sama dan tidak ada yg bisa dianalisis perbedaan nya. Makasih sebelum nya pak. Mohon jwbnnya ya pak

    1. Selamat malam. Terima kasih untuk kunjungannya. Olah Robust Statistik bisa menggunakan Matlab, S-Plus atau R.

      Sewaktu kuliah dulu, Saya menggunakan kumpulan sintaks Robust Statistics LIBRA.

      Silahkan merujuk ke link berikut:
      https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=14&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjTqtTdl7zQAhVFLo8KHQwrBwY4ChAWCDMwAw&url=https%3A%2F%2Fwis.kuleuven.be%2Fstat%2Frobust%2Fpapers%2F2005%2FLIBRA.pdf&usg=AFQjCNEjnQs0ZtTU4FPUAEhqwSqqhH2B3w&bvm=bv.139782543,d.c2I

  2. selamat pagi Pak.. sy Ariska mhs s2 Mat di ugm
    sy ingin menanyakan tentang categorical regression tentang dirichlet multinomial distribution, apakah Bapak bisa memberikan informasi tersebut?
    mohon penjelasannya
    terimakasih sebelumnya

  3. salam pak,,

    klu bisa pak, mintak tolong referensi MANCOVA , analisis dan interpretasinya. trimakasih pak

  4. pak saya mau tanya kalau analisis bivariat dengan 2 variabel respon dan 2 variabel prediktor gimana ya?makasih

  5. Selamat Malam, Saya Ema Ainun mahasisiwi S1 Brawijaya, kalau boleh saya ingin mengetahui lebih jelas mengenai Analisis Diskriminan Logistik… Terima kasih :).. Kalau diterapkan pada data seperti apa yah Pak?

  6. pak,,,,
    saya sedang mencari permasalahan dalam tugas akhir saya, saya ingin mengangkat dengan menggunakan analisis multivariat yaitu tentang cluster (pengelompokan) tapi saya bingung apa permasalahn yang baik yang bisa dijadikan permaslahan untuk diteliti…
    mohon bantuannya ya pak???

  7. pak.. minta buku referensi tentang statistik multivariat yg pling bgus apa. trimakasih sblmnya. sebagai bahan untuk seminar matematika ..

    (ida. UNS)

  8. asw. bapak, saat ini sy sedang skripsi dengan menggunakan analisis faktor. yang menjadi kendala saya adalah KMO dan MSA tidak keluar pada output spss. kira-kira apa yang menyebabkan KMO dan MSA tidak keluar ya pak?

  9. assalamualaikum suryana….

    apa kabar? skrg dimana?

    aq mau tanya, buku multivariat yang pake bahasa indonesia tp isinya bagus, ada gak sih?

    pusing deh klo harus belajar pake bahasa inggris…

  10. Pak, saya mau tanya tentang analisis MANCOVA. saya ada tugas mengkaji journal penelitian, di dalam journal terdapat analisis MANCOVA untuk mneguji hipotesis , tapi saya belum paham. disitu tertulis ana nilai F,p,lamda. Semoga bapak bisa membantu saya. terimakasih

  11. pak, saya mencari buku referensi mengenai analisa kluster.judul buku apa ya yang cocok?ini untuk skripsi saya.

  12. salam kenal pak, saya coba mengolh data dengan biplot yang robust, kira2 pake sofwareapa yg bagus ya pak
    thanks, saya butuh buat tugas akhir saya

  13. Bapak, terima kasih untuk postingannya. Sangat membantu untuk memahami lebih jauh berbagai analisis karena ada pembandingnya dan juga bahasanya mudah dimengerti.

    Saya ingin tahu lebih jauh mengenai analisis cluster, tapi bagaimana penerapannya dengan biologi molekular.

    Saya punya data mtDNA dari beberapa spesies berbeda. Kemudian dari sana saya ingin membuat cluster. Ada 3 metode yang umum digunakan: neighbor-joining, maximum parsimony dan maximum likelihood. Saya ingin mencari tahu mana metode yang terbaik untuk kasus tersebut. Adakah ukuran kebaikan untuk cluster? Saya pernah dengar tentang CCC (Cubic Cluster Criterion). Saya sudah coba cari tapi belum memuaskan informasinya. Apakah bapak tau lebih lanjut mengenai ini, metode perhitungan dan lain-lain?

    Kalau ada referensi yang berkaitan saya berharap bisa dishare. Terima kasih sebelumnya..

    Regards,

  14. saya sedang skripsi dan ada kesulitan mengenai COMPONENT MATRIX & ROTATAED COMPONENT MATRIX, penentuan angka pada masing2 component di dasarkan pada apa..?
    apakah ada batasan dalam menentukan nilai component,berapa batasannya..?
    saya sanat berterimakasih sekali apabila ada yang berkenan membantu menjelaskan permasalahan diatas.

  15. pak,analisis konjoin apakah hanya untuk nganalisis produk baru yang akan kluar?
    kalau saya ingin skripsi saya tentang analisis konjoin,apakah harus bekerja sama dengan perusahaan yang akan mengeluarkan produk baru tersebut?
    apakah saya boleh minta file lengkap tentang analisis konjoin pak?
    terima kasih

  16. pak, tolong kasih referensi tetang analisis faktor konfirmatoti dengan metode principal component analysis.kirm via email saja (vandrias@yahoo.com)
    terima kasih…

  17. pak,saya adik tingkat nih… angkatan 48 STIS, kLo berkenan, mohon kasih contoh aplikasi robust regression yang ada hubungannya sama data kependudukan…
    makalah atau penelitian Bapak juga boleh…:D

    Terimakasih Pak!

    1. Salam kenal juga…. Semua aplikasi analisis regresi pada prinsipnya bisa diterapkan pada robust regresi. Mudahnya, Muhammad silakan buka-buka skripsi mahasiswa STIS yang membahas analisis regresi. Coba terapkan data pada skripsinya dengan menggunakan robust regresi.

  18. ass..
    pak ingin tahu rumus UJI MANOVA dan UJI kruskal_willis donk…
    mungkin ad buku yg bisa saaj jadikan referensi???
    thanks

  19. pak,,saya minta saran buku referensi mengenai MARIMA ( multivariat autoregressive integreted moving average model),kalau ada yg terjemahan nya..
    thanx..

  20. kalo bapak punya ide, tolong dikirim ke email saya ya pak.. (moe_ha19@yahoo.co.id). kalo ada secepatnya ya pak.. terima kasih..

  21. pak, saya minta tolong kasih saran untuk judul penelitian statistika yang baru.. yang terkait dengan analisis multivariat. tapi yang sederhana saja.. saya sedang mencari judul skripsi. terima kasih…

  22. pak, saya ingin tahu tentang fungsi eksploratori dan konfirmatori, mengenai definisi, kapan eksploratori dan konfirmatori digunakan dan contoh pengolahannya dengan menggunakan SPSS, serta cara membaca outputnya. terima kasih

  23. Salam kenal pak suyana, analisis-analisisi yang sangat bagus, bagaimana kita bisa menguasai statistik seperti bapak ?. Oh ya ana minta emailnya pa’. trims.

  24. ingin menanyakan untuk buku analisis regresi linier multivariat yang bagus dan lengkap buku apa ya pak????
    terimakasih

    1. To Witianda…. Regresi Linear Multivariat bisa ditemukan pada buku-buku Multivariat. Karena tidak ada buku yang super lengkap, Saya anjurkan untuk baca beberapa buku. Di Bukunya Johnson, Witianda bisa belajar sedikit teori dan banyak praktik. Untuk itu, baca buku yang itu dulu… Kalau masih kurang tambah dengan buku multivariat yang lain.

  25. pak mohon rekomendasi buku apa yang bagus tentang analysis multivariate. saya lagi bingung ini dengan skripsi saya.
    trims sebelumnya pak

    1. Tks tuk kunjungannya. Untuk tataran aplikasi multivariat, Saya palings senang membaca buku
      Multivariate Data Analysis (5th Edition) (Hardcover)
      by Joseph F. Hair (Author), Ronald L. Tatham (Author), Rolph E. Anderson (Author), William Black (Author). Buku ini sangat komplit dalam menjelaskan analisis multivariat.
      Kalau Mukmin suka yang teori, bisa Baca Bukunya Anderson. Bukunya sangat tua, penurunan rumusnya dijamin…. (jelas memusingkan).

  26. Saya ingin tau,, kalo qta ingin mengetahui hubungan(korelasi) antara data curah hujan dan data temperatur serta data pasang surut air laut yang datanya kemungkinan ada outlier, kira-kira metode apa yang sesuai?
    terimakasih sebelumya

  27. saya ingin tau lebih jelas tentang teori robust dan pengolahan datanya menggunakan software apa kemudian data yang digunakan seperti apa?

    1. To Zamroni.
      Semua data yang mengandung pencilan sebaiknya diolah dengan metode robust. Dalam paper Saya mencontohkan data pengeluaran rumah tangga di Kota Kupang Tahun 2002 dengan menggunakan Susenas 2002. Pengolahan statistik robust lebih banyak dengan menggunakan Matlab, SAS, R, atau S-Plus. Robpca yang Saya gunakan dengan Matlab. Terima kasih.

  28. saya merasa kesulitan dalam dalam mencari data kluster dan mencari data faktor analysis..tolong di carikan data tentang kedua hal tersebut..terima kasih banyak atas bantuannya…saya memakai SPSS

  29. To: Zenik

    Saya belum pernah mencoba mengolah analisis konjoin dengan SPSS. Menurut saya, mengolah analisis konjoin lebih mudah dengan SAS 9.0 karena toolsnya sudah disediakan oleh SAS. Selain itu, teori dan contoh datanya juga sudah disediakan di SAS. Jangan takut untuk mencoba mengolah dengan SAS. OK!

  30. Pak saya ingin tau banyak tentang konsep dasar analisis konjoin dan analisis konjoin dengan program SPSS untuk menyusun skripsi saya. Apakah ada buku atau web yang kusus membahas analisis konjoin dan saya bisa mendownloadnya?
    Terimakasih..

    1. Untuk Dian, jawaban ringkas telah saya kirimkan via email.
      Untuk Adhi, email ke Riza telah saya forwardkan. Terima kasih tuk kunjungannya di site ini.

      1. @ Abung: Terima kasih tuk kunjungannya. Dasar analisis multivariat telah saya upload di blog ini. Silakan mengunduhnya. Bila ada yang kurang jelas bisa didiskusikan lebih lanjut.

  31. pak boleh kalo bisa di kasih contoh2 soal ttg analisis multivariat.buku yang bgs apa ya pak tentang analisis multivariat?.terima kasih.

  32. pak saya ingin tahu tentang analisis faktor dan analisis komponen utama lebih jauh.klu boleh saya minta informasi ataupun referensi ya pak.makasih sebelumnya

  33. Selamat bergabung di Statistika Terapan. Btw, Ria ingin tahu apa nih? Sepertinya komentarnya belum spesifik.

Leave a comment