Model Efek Campuran

Model efek campuran menggabungkan sifat efek tetap dan efek random dalam satu model. Model ini terdiri dari beberapa variabel. Variabel yang satu berlaku sebagai efek tetap sedang variabel lainnya diperlakukan sebagai efek random.

Berikut ini dilampirkan kajian teori model efek campuran dua arah dengan interaksi.
model_campuran_dengan_interaksi.pdf

3 Comments

  1. pak saya mau tanya bagaimana URUTAN langkah-langkah dari analisis model efek campuran? saya sedang skripsi mengenai small area estimation, apakah sama dengan model efek campuran?

  2. bapak maaf tanya lagi.. skripsi saya membahas tentang pendugaan parameter pada model linier campuran. pada saat saya menduga parameter efek tetap dan efek acak saya menggunakan maksimum likelihood, sedangkan ketika menduga komponen variansi, saya menggunakan maksimum likelihood.akan tetapi,karena hasil yang diperoleh tidak eksplisit, maka saya gunakan newton raphson.yang ingin saya tanyakan, apakah ketika menduga komponen variansi, itu bergantung pada data apa yang akan digunakan? maksudny adalh,misalnya untuk balance data, pendugaan parameter yg diperoleh or digunakan akan berbeda dengan unbalance data??? terima kasih banyak pak..

  3. bpk, saya mau tanya beberapa hal:
    1. kenapa di modelkan sebagai efek campuran?? apa yg membedakan dengan model linier yang variabelny hanya sebagai efek tetap saja??

    2.apa kelebihan dan kelemahan dari model efek campuran??

    3. linier terhadap apakah model linier campuran???

    terima kasih banyak pak atas jawaban bpk

Leave a comment