Multivariat Dasar

Apa yang diperlukan tuk memahami konsep dasar analsis multivariat? Banyak hal, yang pasti teorema probabilitas, inferensi statistik, dan teori matrik. Paling tidak, dengan tiga hal tadi kita bisa siap memahami analisis multivariat.

Untuk lebih mahir, kita juga perlu menguasai software atau pemrograman. Analisis multivariat membutuhkan data yang cukup besar. Kalau hitung manual, bisa dibayangkan waktu kita akan habis di pengolahan.

4 Comments

  1. saya mau tanya … saya sedang mencoba membahas tentang pengaruh prilaku belaja, cara suh orangtua, dan nilai tes masuk terhadap prestasi belajar, apakah bisa memakai analisis kovarian? mohon dibantu ya…

  2. saya mau tanya apa alisis kovarian termasuk analisis multivariat?
    rencananya skripsi saya mau ambil analisis kovarian mau membahas tentang rancangan acak lengkap pada anacova. bisa tidak saya gunakan anacova bukan pada penelitian pertanian misalnya pada perusahaan.

    1. Di Multivariat ada pembahasan khusus mengenai analisis kovarian. Tapi, seingat Saya Rancangan Acak lebih banyak membahas analisis variannya. Kalau boleh tahu, apa tujuan penelitian Yanti? Mestinya tujuan penelitian ditetapkan dulu baru metode analisis yang sesuai dipilih. Terima kassih.

Leave a comment