Jejak Mengikuti Seleksi Jabatan

Seleksi jabatan adalah sebuah tahapan untuk dapat memperoleh amanah pimpinan untuk memimpin satuan kerja minimal eselon II. Tahapan ini sangat penting bagi kelangsungan organisasi dengan menghadirkan tenaga-tenaga profesional yang memenuhi syarat yang ditetapkan.

Sampai artikel ini ditulis, Saya baru dua kali mengikuti seleksi jabatan di Badan Pusat Statistik. Tujuan posting artikel kali ini menampakkan jejak mengikuti seleksi jabatan bagi pembaca yang mempersiapkan mengikuti seleksi jabatan.

Kapan saat yang tepat mengikuti seleksi jabatan? Ikutilah seleksi jabatan saat golongan minimal IV/b sudah terpenuhi. Mengapa? Karena belum tentu promosi jabatan dapat diraih dalam sekali seleksi jabatan. Pun ada, peluangnya kecil. Mengikuti seleksi jabatan sejak golongan IV/b definitif akan memberi pengalaman lebih awal untuk dapat mengikuti setiap tahapan seleksi jabatan.

Sebagai persiapan awal, bacalah ketentuan yang harus dipenuhi untuk mengikuti open biding. Meskipun tidak mengikuti, tetapi ikut mengumpulkan berkas yang dibutuhkan akan melatih kesiapan. Simpan dan susun softcopy berkas yang akan dikumpulkan dalam folder khusus (lihat Gambar 1). Beri nama folder sesuai dengan syarat-syarat administrasi yang disebutkan pada pengumuman seleksi jabatan.

Gambar 1. Penataan Folder Berkas Seleksi Jabatan

Langkah selanjutnya, mencari informasi seleksi jabatan yang dibuka. Untuk seleksi jabatan tinggi pratama di Badan Pusat Statistik dapat diakses melalui https://seleksijpt.bps.go.id/. Pembaca dapat menemukan informasi pengumuman seleksi jabatan yang sudah diselenggarakan sebelumnya seperti tampak pada Gambar 2 berikut.

Gambar 2. Contoh Situs Seleksi Jabatan di BPS

Beradasarkan pengalaman mengikuti dua seleksi jabatan sebelumnya, ada empat tahap seleksi yaitu tahap seleksi administrasi, tahap penulisan makalah, tahap assesment, presentasi makalah dan Wawancara. Peserta yang lulus tahap seleksi administrasi akan diberi kesempatan untuk mengikuti tahap penulisan makalah dan bahan paparannya. Tahap ini akan menyeleksi enam penulis makalah terbaik untuk setiap lowongan jabatan yang akan mengikuti tahap assesment sampai dengan presentasi makalah dan wawancara. Selanjutnya, dipilih tiga kandidat yang akan dipilih dan salah satunya akan ditetapkan sebagai kandidat terbaik untuk dilantik. Berikut contoh pengumuman seleksi jabatan di Badan Pusat Statistik.

Bila jabatan yang dituju sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, usah ragu untuk mencoba. Daftarlah seawal mungkin. Unggah berkas yang sudah kita siapkan. Berkas-berkas yang membutuhkan waktu penyelesaian lebih lanjut terkait dengan pengesahan oleh atasan langsung atau atasan yang lebih tinggi lagi dapat diselesaikan setelahnya.

Bila semua berkas sudah dilengkapi dan diunggah pada web di atas, langkah selanjutnya adalah menunggu pengumuman peserta seleksi jabatan yang lolos tahap administrasi. Saat menunggu pengumuman seleksi administrasi tersebut, konsultasilah kepada mereka yang sudah mengikuti tahapan seleksi jabatan baik yang sudah sampai tahap pelantikan maupun yang masih belum berhasil. Semua input dari mereka sangat berguna untuk melatih dan mempersiapkan mental baja mengikuti saleksi jabatan.

Artikel ini cukup sampai di sini dulu. Artikel lain yang insyaalloh menyusul adalah bagaimana menyiapkan penulisan makalah dan sharing mengikuti presentasi dan wawancara.

1 Comment

Leave a comment