Pengantar Analisis Multivariat

Analisis multivariat merupakan salah satu teknik statistik yang digunakan untuk memahami struktur data dalam dimensi tinggi. Disebut dimensi tinggi karena melibatkan lebih dari satu variabel. Variabel-variabel itu saling terkait (berkorelasi) satu sama lain. Disinilah letak perbedaan antara multivariabel dan multivariat. Multivariat pasti melibatkan multivariabel tetapi tidak sebaliknya. Multivariabel yang saling berkorelasilah yang dikatakan multivariat.

Sebuah unit penelitian dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Dalam penelitian mengenai kesejahteraan rakyat misalnya, kita dapat mengambil sejumlah rumah tangga sebagai unit penelitian. Sebuah rumah tangga bisa diukur pendapatannya, pengeluarannya, konsumsi protein, jumlah anggota rumah tangga dan lain-lain. Ada banyak dimensi yang bisa kita gali dari sebuah rumah tangga.

Misalkan sebuah kumpulan unit penelitian dinyatakan oleh sebuah himpunan . Kita memiliki n observasi yang diukur dalam p dimensi. Setiap observasi memiliki p dimensi dinyatakan dengan

,

merupakan elemen dari vektor variabel . Sehingga X terdiri dari variabel random

.

Kita mungkin saja tetarik untuk mengetahui:

  • Apakah ada komponen X yang lebih menyebar daripada yang lain?
  • Apakah ada beberepa komponen yang membentuk suatu  kelompok baru?
  • Apakah ada nilai-nilai ektsrem dalam sebuah komponen?
  • Bagaimana distribusi datanya?
  • Apakah mungkin dilakukan pengurangan dimensi sehingga memungkinkan memandang dimensi yang lebih kecil?

Berdasarkan pertanyaan-pertanyaan diatas memunculkan berbagai teknik analisis multivariat seperti analisis komponen utama, kluster, diskriminan dan lain-lain.

60 Comments

  1. Nanya serius pak, mohon ditangapi. Trims sebelumnya.
    Ketika saya melakukan perhitungan normalitas multivariate semua data normal. Nah, ketika saya menghitung homogenitas matriks varians covariansnya ternyata Box’s M tidak muncul dan Leven’s Test tidak terpenuhi. Apakah saya masih dapat melanjutkan untuk menghitung perbedaan dengan MANOVA?

  2. numpang tanya pak. Apa yang dimaksud dengan GLM dan GAM? di mana letak perbedaanya? apakah regresi sedehana maupun berganda termasuk GLM atau GAM? terima kasih sebelunya

    1. Mas Fahrudin, sudah dapet jawabannya kah? mohon penjelasannya donk… saya juga lagi butuh info terkait topik ini…
      thank you :))

  3. Asmlkum Bapak Suryana,
    Bapak, adakah sumber buku atau jurnal yang mengandung analisis kuantifikasi 1…?
    Saya mengambil thesis tentang analisis kuantifikasi 1 mengenai bangunan air Pak…
    Terima kasih sebelumnya…

  4. Slmt mlm, Pak. Saya Sita salah satu mahasiswi Matematika di Malang. Saya tertarik untuk membuat skripsi tentang statistik multivariat, Namun saya belum mendapat mata kuliah tersebut. Setelah membaca komentar2 diatas, ternyata lebih mengarah kpd ekonomi dan akuntansi. Mungkin Bpk bisa membantu saya kira-kira skripsi ttg statistik multivariat yg diaplikasikan dlm bidang Matematika. Trimakasih.

  5. pak..analisis multivariat yang bagaimana yang cocok dengan tujuan penelitian saya ini..”pengelompokan data kabupaten/kota berdasarkan perkembangan data inflasi/IHK dengan sister city nya kota SBH??
    terimakasih sebelumnya.

  6. maap pak..saya mu nanya,
    saya d tugaskan oleh dosen saya untuk mencari contoh kasus analisis komponen utama dalam kehidupan sehari – hari..
    saya bingung pak cari contoh nya..
    apa bapak bisa bantu saya untuk cari contoh kasus ny??
    terimakasih sebelumnya..

  7. pak,, kl ad variabel yg g bs d analisis dgn regresi linear lgkh ap yg hrz aku lakukan n pke ap tuk analisisx.. ad 1 variabel bebas yg g bisa d analisis dgn 2 variabel terikat..

  8. bapak saya mau tanya, apakah untuk perhitungan multivariat harus melakukan analisis bivariat terlebih dahulu? terima kasih… karena kebetulan saya tidak menemukan buku yang bapak referensikan untuk saudara dananto yang kebetulan pertanyaannya sama dengan saya..terimakasih banyak.

  9. assalamualaikum..
    perkenalka saya mita, mahasiswi matematika UI.
    Saya sedang menyususn skripsi pak yang berjudul partial least squares,
    sebagaimana yang diketahui, PLS merupakan teknik multivariat,

    yang saya ingin tanyakan adalah dalam teknik multivariat, variabel-variabel yang digunakan diasumsikan sampel apa ya pak?
    apakah variabel acak/sampel acak atau fix?

    menurut saya merupakan sampel acak pak, tetapi mengapa pak?
    karena bila sampel acak akan mempengaruhi pada perhitungan variabilitas matriks varian kovarians yang hanya dihitung dengan tracenya saja.

    mohon penjelasannya ya pak..

    terima kasih sebelumnya

  10. perkenalkan saya ari, saya ingin bertanya,
    tugas akhir saya menentukan pengaruh umur dan waktu tpanen tanaman terhadap aktivitas antioksidan. statistik apa yang diperlukan??? terima kasih sebelumnya

  11. saya ingin tanya,bisa bpk sebutkan buku-buku panduan yang tepat untuk kelanjutan s2 saya dlm bidang psikologi mutivariat..maksh..

  12. Salam kenal pak. Saya mahasiswi akuntansi yng sedang menyusun skripsi pak. Skripsi saya ber judul tentang pengaruh merger dan akuisisi terhadap kinerja perusahaan perbankan. Menurut bapak penelitian tersebut bs atau tdk menggunakan analisis manova? Klo tdk bs kira teknik analisis yng lbh cocok apa yaa?? Sblmnya trimakasih pak.

    1. Dear, Resti.
      Apa tujuan penelitian Resti? Apakah ingin mengetahui pengaruh merger dan akuisisi terhadap kinerja perbankan atau penggunaan Manova? Untuk tujuan pertama, Resti tidak harus menggunakan Manova. Tetapi,jika tujuannya menggunakan Manova maka variabel kinerja perbankan harus diukur oleh minimal dua variabel yang diukur dalam skala interval dan variabel lainnya diukur dengan data kategorik.

  13. Aslmkm pak, klu pnelitian nya 3 variabel, X1: product display, X2: Citra toko. n Y: Minat beli.. termasuk ke dalam data ordinal apa interval pak, soalnya kuesioner sya pke skals semantic differential 1 sampai 7… Klu variabelnya msuk ke ordinal, diitung pake apa pak? Trus Klu variabelnya msuk ke interval, diitungnya pake apa pak..Mhon pencerahan nya…Trima kasih….:-)

    1. Dear, Nia
      Yang membedakan data ordinal dengan interval adalah pada kemampuan data tersebut apakah bisa dikurangi atau tidak. Contoh data ordinal yang termudah adalah tingkat pendidikan 1. Di bawah SMP 2. SMP 3. SMA dan 4. Di atas SMA. Data seperti ini adah ordinal bukan interval karena kita tdk bisa mengoperasikan pengurangan 4 – 1 = 3 dalam arti jika tingkat pendidikan tertinggi dikurangi dengan tingkat pendidikan terendah lalu hasilnya jadi tingkat SMA, tdk begitu bukan? Jadi, skala sementic yang Sdri sebutkan termasuk skala ordinal.

  14. selamat pagi pak..
    pak, sy sedang menyusun skripsi..
    sy menggunakan analisa chi-square dan regresi logistik.. ada hal yg saya bingungkan pada hasil analisa tersebut, yaitu pada hasil analisa chi-square sy dapatkan nilai p>0,05 (a=0,005), namun pada hasil regresi logistik sy dapatkan hasil p<0,05.. jadi sebenarnya variabel bebas berhubungan atau tidak dengan kejadian variabel tergantung yang sy teliti??
    terima kasih atas jawabannya pak..

  15. Selamat malam Pak..
    Pak, saya kan mau kerja praktek di Bank Indonesia. inginnya dari hasil kerja praktek ini ingin saya ajukan buat skripsi saya nantinya. adakah saran dari bapak kira2 topik apa yang bisa saya angkat??

    oh ya, kalau misalnya topik saya tu menganalisis kesehatan bank dari jumlah nasabah dan masa aktif nasabah itu menggunakan metode apa ya Pak??
    apakah dengan analisis multivariat itu bisa??
    terima kasih..

  16. bapak saya melakukan penelitian dengan 3 variabel untuk menguji pengaruh Pembelajaran terhadap kesadaran metakognitif dan hasil belajar, 1 variabel bebas dg jenis data ordinal dan 2 variabel terikat dg jenis data interval dan rasio, statistik multivariat pa yg sesuai dengan penelitian saya??

  17. I’m not sure where you are getting your info, but great topic. I needs to spend some time learning much more or understanding more. Thanks for wonderful information I was looking for this info for my mission.

  18. Assalamu’alaykum.
    Pak,sy ingin menyusun skripsi yg bertujuan memprediksikan radiasi matahari melalui analisi time series multivariat,data yang ingin sy olah adalah data LPM (Lama Penyinaran Matahari) sebagai input dan data Radiasi Matahari (RM)sebagai output,yg ingin sy tanyakan, apa teknik analisi yang sy pilih ini sudah tepat?
    Terima kasih.

  19. pak saya tanya apakah input MDS itu harus berupa matrik korelasi?kalau tidak matrik&data intu interval bagaimana pak?
    trima kasih

  20. pak,saya kuliah dijurusan manajemen.sekarang sedang menyusun tesis,jika saya mengambil tema/riset diperbankan berhubungan dengan camel(capital,manajemen, equity dan liquiditas) bisa tidak digunakan alat analisisnya memakai SEM

  21. pak, saya kuliah jurusan statistik.tapi masih bingung dgn analisis faktor. var X saya ada yg berskala nominal.sehingga harus pake variabel dummy(seperti asal daerah Jawa(0), Luar Jawa(1).
    nah, bagaimana caranya agar skala nominal dgn dummy tadi bisa di pake dalam analisis faktor??
    makasih pak.

  22. Pak, kebetulan saat ini saya sedang akan membuat ksripsi. tapi saya masih bingung mau buat tentang materi apa. kebetulan saya tertarik ingin ambil tentang statistika multivariat atau analisis runtun waktu.
    Saya mau tanya, kira-kira materi statistika multivariat atau analisis runtun waktu apa yang sekiranya dapat saya buat skripsi (yang ada studi kasusnya kalau ada) ya, pak?
    terimakasih sebelumnya…

    1. Analisis runtun waktu yang multivariat sangat baik Anda gunakan. Silakan Anda menganalisis perkembangan Indeks Harga Konsumen, Kurs Rupiah terhadap Dollar, dan Tingkat Suku Bunga selama masa Suharto, Habibie, Gusdur, Megawati dan SBY. Saya rasa Anda akan menemukan sesuatu yang unik di sana. Selamat mencoba!

    2. Analisis runtun waktu yang multivariat sangat baik Anda gunakan. Silakan Anda menganalisis perkembangan Indeks Harga Konsumen, Kurs Rupiah terhadap Dollar, dan Tingkat Suku Bunga selama masa Suharto, Habibie, Gusdur, Megawati dan SBY. Saya rasa Anda akan menemukan sesuatu yang unik di sana. Selamat mencoba!

  23. pak mau tanya kalo variabel bebas (4)ada yang ordinal n nominal trus tergantungnya (1)ordinal or nominal pake analisis nya apa ya?
    apakah sbelum analisis multivariat harus di analisis univariat n bivariat?

    1. Kalau Variabel Dependen dan Independen keduanya kategorik, Anda bisa menggunakan Analisis Log linear. Silahkan merujuk pada Buku Alan Agresti, Categorical Data Analysis untuk info lebih lanjut.

  24. Slam knal, Pak..
    Sya Fajar. Sya pnya mslh dgn metode analisis yg akn sya gunakn dlm pnulisn skripsi sya. Rncana jdul skripsi sya adlh: “pngaruh pnerapan sistem nilai tukar mngambang bebas trhdap stabilitas moneter di Indonesia”. Dlm pnelitian ini sya mnggunakn variabel dpenden 3 buah, yaitu inflasi, tngkat sku bunga dan cdangn devisa. Sdangkn variabel indpendennya adlh nilai tukar/kurs. Kra2 metode ap yg bsa sya gunakan? Mhn jwabnnya dkrim via e-mail dgn almat: diq_indonesia@yahoo.com.

    Trima ksih.

  25. pak saya menulis tsis ttg penggunaan metode inkuiri bebas dan terbimbing dikaitkan dengan motivasi belajar dan multiple intelligence(MI).MI ada 5 kecerdasan yg saya ambil.saya mau menggunakan manova, tp masih belum mengerti bgmna. bila berkean mohon bpak memberikan penjelasan tetang manova, buku apa yang membahas manova beserta contoh penggunaanya.terima kasih.

  26. met siang pak. bisa minta tolong rekomendasi buku ttg analisis multivariat yang gampang dicerna oleh pemula seperti saya.

    makasih

  27. Selamat malam pak. Saya ingin menganalisis faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi rumah tangga petani melakukan migrasi ke perkotaan dalam rangka peningkatan pendapatan. Apakah tepat menggunakan analisis faktor untuk mendapatkan variabel yang pasti, kemudian dilanjutkan pakai model regresi LPM untuk uji hipotesis pada variabel yang didapatkan itu ? Mohon penjelasan ya pak.

    1. @ mas putu: Penggunaan metode analisis sangat bergantung pada tujuan penelitian dan bagaimana cara pengukuran variabel-variabelnya. Dengan memperhatikan tujuan Penelitian Mas Putu yang akan menggunakan analisis faktor kemudian dilanjutkan dengan analsisi regresi, keduanya telah dipadupadankan dalam Model SEM (Structural Equation Modelling). Saya belum pernah mendengan regresi LPM, jika berkenan mohon diberitahukan kepanjangan regresi LPM tersebut. Terima KAsih.

  28. pak suryana,saya sdg melakukan penelitian ttg “analisis kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada Bank X”. saya memperlakukan uji validitas & uji reliabilitas dgn menggunakan korelasi pearson dan cronbach alpha pada data kuesioner yg saya dapat. tp sampai sekarang saya belum menemukan cara penghitungan cronbach alpha dr buku SPSS yg saya baca. Menurut bapak apakah metode yg saya gunakan sudah tepat utk tema penulisan saya? dan di SPSS berapa saya dapat menemukan materi/cara penghitungan dgn cronbach alpha tersebut? jika tidak, metode apa yg sebaiknya saya gunakan? mohon informasinya pak, n mohon dibalas di email saya…

    terimakasih.

  29. salam kenal pak…
    saya mau tny2 ttg skripsi saya.
    saya sedang menyusun skripsi ttg earnings management dan financial distress. tujuan penelitian saya adalah untuk mengetahui pengaruh antara earnings management dan financial distress. untuk earnings managementnya menggunakan proksi berupa discretionary accruals.
    yg mau saya tanyakan: analisis statistik apa yg hrs saya gunakan?dan tolong ksh sedikit penjelasan knp saya hrs menggunakan analisis tersebut.
    mohon bantuannya pak…
    dibls d email saya saja…

    terima kasih

  30. salam kenal
    pakk. saya sedang mengerjakn skripsi tenteng distribusi mixture..
    tapi tentang tersebut terlalu luass, saya pengen mengkhususkannya.
    tolong beri ide pakk..
    karena saya menulis tentang analisis…

  31. salam kenal pak,, saya citra mau menanyakan tentang skripsi saya. kebetulan saya sedang menyusun dengan judul analisis cluster pengguna taksi di Jakarta. saya menggunakan variabel demografis, psikografis, perilaku dan kualitas layanan dalam pembuatan kuesioner. dari variabel demografis, psikografis, perilaku akan membentuk profil responden nya. apakah ini sudah benar pak? terimakasih

  32. pak tolong jelaskan yang dimaksud dengan metode varima, tolong ya. trus penerapannya dibidang apa??
    tolong kirimkan ke email saia ya di ij0_gaL@yhoo.com to di blog alamatnya
    akuyanie.blogspot.com
    makasi.

  33. Pak. Sy lagi neliti pengaruh X thd Y, Ada 6 variabel independen terdiri dari 4 data rasio, 2nya pake dummy. sedangkan dependennya 1. alat analisis apa yg cocok yg sy gunakan? Tadinya sy pake regresi berganda, tp katanya nggak bs krn var indep terdiri dari data rasio dan dummy. Ada saran utk pakai manova, tp sy lihat Y nya harus ada 2. Dan apa beda GLM univariat dan GLM multivariat. yg mana cocok dg penelitian sy.

    1. @ Kartika: Saya masih memerlukan input lain dari pertanyaan Kartika. Pertama, apa tujuan penelitian? Kedua, variabel dependennya dikur dengan skla apa? Ketiga, veriabelnya apa saja? Terima kasih.

  34. pak, saya lage nyusun skripsi yang berjudul “faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja keuangan KUD sepulau lombok”.. apa bisa hanya memakai 1 rasio kinerja keuangan, yaitu rasio profitabilitas?? sedangkan alat analisis yang ingin dipake analisis faktor(multivariat)…
    di dalam profitabilitas KUd sendiri, ada sub faktor yaitu SHU, modal dan assets..
    apakah ga cukup menggunakan itu? apakah harus juga menggunakan rasio2 laen? sepeerti rasio likuiditas, dan solvabilitas? karena analisis faktor setidaknya lebih dari satu begitu juga dengan muktivariat..
    mohon sarannya pak..atau di bls ke email saya.
    terima kasih..

  35. Salam kenal pak…saya mau meneliti tentang analisis kebutuhan kompetensi profesional guru…secara kuantitatif. Apakah bisa? Kalau bisa, saya menggunakan analisis apa ya pak?

    1. @ Sera: Analisis data sangat bergantung pada tujuan penelitian itu sendiri. So, Sera tetapkan dulu apa tujuan penelitiannya, bagaimana pengukurannya baru kemudian kita tentukan analisis apa yang sesuai digunakan untuk menjawab tujuan penelitian. Terima kasih.

  36. pak suryana saya sedang menulis skripsi dengan judul : pengaruh penggunaan model pembelajaran jigsaw terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar. di dalam skripsi saya tersebut terdapat 1 variabel bebas (model pembelajarannya) dan 4 variabel terikat (yaitu motivasi, hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik). Sebaiknya saya menggunakan analisis yang seperti apa ya pak? kemudian analisis Mancova itu analisis yang seperti apa? trimakasih sebelumnya

  37. Pak Suryana, saya sedang melakukan penelitian dengan 9 variabel yang berupa rasio-rasio keuangan. Variabel2 tersebut tidak dibagi ke dalam beberapa kelompok (hanya 1 kelompok), tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kesehatan perusahaan.
    Model analisis multivariat apa yang sebaiknya saya gunakan?
    apakah bapak bisa menjelaskan dengan singkat tentang statistik multivariat dalam konteks penelitian saya tersebut?
    Software apa yang dapat saya gunakan?
    Terima kasih atas bantuan bapak.

    1. To endah.. Anda bisa menyusun indeks kesehatan perusahaan melalui regresi logistik atau analisis faktor. Hasil akhirnya, perusahaan akan diberi indeks menurut tingkat kesehatan perusahaan. Perusahaan dengan indeks kesehatan perusahaan terbesar menunjukkan perusahaan yang paling sehat atau sebaliknya bergantung pada metode pengukuran dari kesembilan variabel yang diambil.
      Mengenai software, Sdri endah bisa menggunakan SPSS, Minitab, atau Sas. Kalau suka yang tinggal klik pakai SPSS atau Minitab.

  38. saya sedang menulis skripsi dengan judul: pengaruh anggaran pendidikan dan kesehatan terhadap pengurangan kemiskinan.

    pembimbing bilang statistik yang akan digunakan adalah analisis multivariat.

    apakah bapak bisa menjelaskan dengan singkat tentang statistik multivariat dalam konteks skripsi saya tersebut?

    alamat email saya: maslametku@gmail.com

    terima kasih sebelumnya

    1. Untuk Mas slamet,
      Terima kasih untuk kunjungannya dan semoga ini bukan kunjungan yang pertama dan terakhir.
      Analisis multivariat yang sebaiknya digunakan dalam skripsi Anda sangat tergantung pada tujuan penulisan skripsi itu sendiri. Melihat skala pengukuran variabel yang digunakan dan jumlah variabel respon yang digunakan Anda cukup menggunakan analisis regresi saja. Jenis regresi yang digunakan juga tergantung plot data antara anggaran pendidikan dan kesehatan dengan penurunan kemiskinan. Bila plot data menunjukkan pola tertentu maka Anda bisa menggunakan regresi (parametrik) misalnya linear kalo polanya linear, kuadratik bila polanya kuadratik dsb. Jika plot data tidak berbentuk, regresi non parametrik tentunya menjadi alternatif teknik analisis untuk menjawab tujuan penelitian Anda. Demikian, semoga bermanfaat.

  39. pak saya sedang melekukan penelitian menggunakan analisis faktor……boleh tau ga buku panduan yang harus saya pakai yang mengandung unsur analisis faktor itu apa????

    mohon dibalas ya pak……

    terima kasih

  40. saya melakukan analisis data dengan satu varibel bebas, dua variabel kovariat dan satu variabel terikat. dengan analisis apa hal ini dapat dilakukan?
    yang saya analisis adalah model pembelajaran X terhadap hasil belajar di mana kovariatnya adalah motivasi belajar dan pengetahuan awal. bagaimana dan analisi apa namanya yang harus saya gunakan?
    terima kasih banyak atas bantuannya.

    1. Untuk kasus seperti Parsa, Saya lebih menganjurkan menggunakan Struktural Equation Modeling (SEM). Kovariat Motivasi Belajar sebaiknya diukur oleh beberapa indikator yang terkait teori motivasi. Demikian juga dengan pengetahuan awal, butuh beberapa indikator tuk mengukurnya. Silakan merujuk pada Buku SEM karya Bpk Ghajali terbitan Penerbit Undip untuk mempelajari model SEM. Menurut Saya buku itu sangat baik untuk menjelaskan SEM dan penggunaannya untuk kasus yang Parsa hendak teliti itu.

  41. Berikut, Judul buku yang Bpk perlukan:

    Judul Buku:

    Applied Multivariate Atatistical Analysis,
    Second Edition

    Pengarang: Hardle W. and Simar L

    Penerbit: Springer

Leave a comment