MENGHITUNG GINI RATIO DENGAN SPSS

Masih terkait dengan penghitungan Gini Ratio, pada posting kali ini, Penulis memperkenalkan penghitungan Gini Ratio dengan memanfaatkan sintaks SPSS. Menghitung Gini Ratio dengan Stata memang mudah, tetapi tidak semua pembaca mempunyai softwarenya. Karena itu, Penulis coba menghadirkan cara lain penghitungan Gini Ratio dengan menggunakan SPSS.

Ada dua cara menghitung Gini Ratio. Cara pertama dengan melakukan pengelompokkan data berdasarkan pengeluaran tertentu. Misalnya, pengeluaran penduduk atau rumah tangga dibagi menjadi 10 kelompok. Formula Gini Ratio untuk data berkelompok sebagai berikut:

Di mana

Pi = Proporsi Penduduk pada Kelompok Pengeluaran ke-i ;

Fi dan Fi-1 = Kumulatif Proporsi Pengeluaran pada kelompok pengeluaran ke-i dan           ke – (i – 1).

Penghitungan Gini Ratio berdasarkan kelompok pengeluaran tertentu secara manual dengan memanfaatkan worksheet excell sudah Penulis posting lebih dahulu.

Cara kedua penghitungan Gini Ratio tanpa membuat pengelompokkan pengeluaran. Karena itu data pengeluaran harus disusun dari pengeluaran terkecil sampai pengeluran terbesar (Ascending). Formula Gini Ratio untuk data yang tidak dikelompokkan adalah

di mana Xi dan Xi-1 = Kumulatif Proporsi Penduduk atau Rumah Tangga pada record ke-i dan ke – (i – 1).

Fi dan Fi-1 = Kumulatif Proporsi Pengeluaran pada record ke-i dan ke – (i – 1).

Posting kali ini khusus membahas menghitung Gini Ratio dengan formula yang terakhir. Silakan unduh filenya pada link Program Menghitung Gini Ratio berikut ini. Bagaimana cara menggunakannya?

Buka Data Pengeluaran dalam format SPSS. Di sini, penulis menggunakan data Susenas Tahun 2011 dari Modul Konsumsi (Blok 43.sav). Dalam data tersebut, pengeluaran rumah tangga tersimpan dalam variabel expend dan pembobot rumah tangga WERT. Setelah data tersebut terbuka, buka sintaks penghitungan Gini Ratio, dan Run. Status Bar pada Pojok Kiri aplikasi SPSS akan tertulis “Transformations Pending.” Untuk menyelesaikannya, Anda hanya diminta melakukan klik Menu Transform dan pilih Runs Pending Transform atau Tekan Ctrl + G. Selamat Mencoba.

7 Comments

  1. salam…suryana senang sekali mampir di blogmu. sy blm prnh bjr statistik. tp ada yg ingi sy tnykan. boleh tdk minta emailny?

Leave a comment