PENGOLAHAN ROBUST PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS

Posting kali ini mengulas bagaimana mengolah Robust Principal Component Analysis (ROBPCA). Motivasi penulisan artikel ini melihat antusiasme pengunjung blog yang mulai tertarik dengan penulisan skripsi bertema ROBPCA dari Hubert (2004) dan paper ROBPCA oleh Suryana (2007).

Pengolahan ROBPCA menggunakan toolbox Matlab yang ditulis oleh Hubert (2004). ROBPCA merupakan salah satu M-File yang terdapat dalam kumpulan Toolbox Statistik robust dengan nama LIBRA. Pengunjung harus menginstall program Matlab terlebih dahulu. Di sini, penulis menggunakan program Matlab 7.01.
Klik Me If You Wanna Know More!

7 Comments

  1. pak saya eka irawan, mahasiswa dari Universitas Udayana Bali
    saya dah cb download lewat http tu pak tp cmn pdf ja pak?
    minta tolong bisa bapak qrmn saya folder LIBRA itu pak ke email saya:
    ekaone17@yahoo.co.id
    mohon bantuannya pak..
    terimakasih banyak pak

  2. assalamualaikum…
    saya nikmah mahasiswa statistika universitas brawijaya malang…
    saya mau bertanya pak, apakah robust MM bisa digunakan untuk menduga parameter pada model Seemingly Unrelated Regression (SUR)??? apakah bapak mempunyai jurnal yg merujuk ttg hal itu??? klo d perkenankan, bolehkah saya meminta alamat jurnal tersebut???
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuan bapak…. (myou_girl@yahoo.com)

  3. aslm….saya Fresti mahasiswa statistika Universitas Brawijaya….saya adalah adik tingkat mbak Ririn Aimatus….
    sekarang lagi mengerjakan skripsi…
    skripsi saya tentang Robust-S sebagai Metode Pendugaan Parameter pada Model Seemingly Unrelated Regression (SUR) yang Mengandung Pencilan……skripsi ini merujuk jurnal Robust Estimation of the SUR Model (martin bilodeau dan pirre duchesne, 2000)….saya kesulitan mendapatkan code untuk program d S-Plus….juga cara mendapatkan ragam penduga (var(B))-nya…..
    kalau bapak tidak keberatan saya boleh meminta bantuan…..saya sudah mengirim email ke pak Duchesne, kata beliau masih dicarikan codenya….sampai sekarang belum ada balasan lagi dari beliau….sebelumnya terima kasih….(frestat_06@yahoo.co.id)

  4. pak apa yang dimaksud robust dengan metode LMS dan apa rumusnya?judul buku apa yang ada yang membahas metode itu?trimkash seblmnya…

  5. Assalamualaikum..
    Pak,saya msh bing9ung tentng robust distance,adakah kriteria robust distance ketika mendeteksi pencilan?klw ad jurnal tentang robust distance.saya mw d kirimkan k email saya..terima kasih,mhn bntuanny pak.

    1. Robust Distance secara rumus hampir mirip dengan Mahalanobis Distance hanya saja rata-rata dan matrik kovariansi yang diestimasi dengan metode MLE diganti dengan metode Robust semisal MCD. Pengamatan dikatakan pencilan apabila jarak robustnya melebihi nilai Chi-Square pada alpha tertentu sesuai dengan ketelitian yang ingin ditetapkan. Untuk paper yang membahas robust distance bisa dibaca di paper LIBRA karya Hubert. Demikian Dinda, semoga bermanfaat.

Leave a comment