Tibalah saatnya membahas penghitungan estimasi luas panen di mana ada lebih dari satu strata. Sebagaimana disampaikan di awal bahwa segmen dalam KSA terbagi menjadi tiga strata yaitu S1 untuk segmen sawah irigasi, S2 untuk segmen sawah non irigasi dan S3 untuk tegalan. Jumlah segmen S1 dan S2 menentukan jumlah strata akhir yang digunakan dalam proses penghitungan.

Sesuai Buku Teknis KSA2018 halaman 25, pada tahap persiapan penghitungan luas panen hasil KSA, dibentuk kelompok stratifikasi dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Jika S1 > 1, maka ada tiga kelompok stratifikasi : Strata S1, Strata S2 dan Strata S3
  2. Jika S1 <= 1, maka ada dua kelompok stratifikasi : Strata S1 dan S2, dan Strata S3
  3. Jika S1 + S2 <= 1, maka hanya ada satu kelompok stratifikasi.

Untuk penghitungan estimasi kasus ketiga, telah dipaparkan pada pembahasan Kalkulasi Luas Lahan dari KSA mulai dari Step-1, Step-2, Step-3 dan penghitungan presisinya. Kali ini, kita akan bahas bagaimana estimasi luas panen untuk kelompok stratifikasi lebih dari satu dengan tahapan sebagai berikut.

Step-1. Tabulasi dan Rekapitulasi Nilai Amatan

Tahapan ini tidak akan diulas karena telah dibahas pada artikel Kalkulasi Luas Lahan dari KSA Step-1. Silakan membaca kembali tahapan-tahapannya. Output tahap ini berupa rekapitulasi nilai amatan seperti pada Gambar 1.

 

Step 1

Gambar 1. Tabulasi dan Rekapitulasi

 

Step-2. Penghitungan Proporsi

Pada tahap ini, proporsi setiap fase tumbuh padi diperoleh dari total rekapitulasi pada Gambar 1 dibagi dengan 9. Hasilnya disajikan pada Gambar 2. Sebagai contoh proporsi untuk fase vegetatif awal pada segmen kedua stratifikasi-3 sebesar 0,222 diperoleh dari 2/9 = 0,222.

 

Step-2

Gambar 2. Penghitungan Proporsi

 

Step-3. Penghitungan Luas

Output pada Step-2 menjadi input dalam penghitungan luas. Baris rata-rata proporsi dari masing-masing stratifikasi akan dikalikan dengan luas sawah (luas poligon) setiap strata yang bersesuaian. Perhatikan Gambar 3 berikut.

 

Step-3

Gambar 3. Penghitungan Luas Lahan

 

Luas lahan vegetatif awal pada stratifikasi-3 diperoleh dari rata-rata proporsi V1 yaitu 0,222 dikalikan dengan luas sawah stratifikasi-3 yaitu 250 ha sehingga menghasilkan luasan sebesar 27,78 ha. Demikian juga dengan luas lahan vegetatif awal untuk kelompok stratifikasi-1 dan Stratifikasi-2 sebesar 255,93 ha diperoleh dari perkalian rata-rata proporsi V1 sebesar 0,160 dengan luas lahan stratifikasi-1 dan Stratifikasi-2 sebesar 1.594,66 ha. Berdasarkan pengamatan pada 11 segmen di atas, diperolah luas panen sebesar 86,84 ha.