Tibalah kita pada tahap akhir dari penghitungan luas lahan hasil KSA. Apa yang telah kita bahas masih terbatas pada kasus sederhana di mana hanya ada satu strata segmen dalam satu kecamatan. Untuk menghitung luas lahan KSA menggunakan formula sebagai berikut:

Luas_Lahan_KSASecara sederhana, luasan KSA adalah perkalian rata-rata proporsi dari setiap kondisi lahan dengan Total Luas Poligon seluruh segmen dalam satu wilayah. Total Luas Poligon seluruh segmen dalam satu wilayah ini mengacu pada luas baku sawah.

Sebagai contoh, luas total poligon (luas baku sawah) sebesar 825,71 ha. Dengan rata-rata proporsi luas panen sebesar 0,0741 maka akan diperoleh luas panen panen saat survei hasil KSA sebesar 0,0741 x 825,71 atau sebesar 61,16 ha. Contoh lain, untuk rata-rata luas lahan vegetatif awal sebesar 0,1852 akan diperoleh luas lahan vegetatif awal sebesar 0,1852 x 825,71 ha yaitu 152,91 ha. Demikian seterusnya.

Sebagai catatan, luas panen yang dihasilkan bersumber dari dua parameter yaitu luas panen saat survei dan luas panen di antara dua survei. Pembahasan luas panen di antara dua survei telah dibahas di kalkulasi-luas-lahan-dari-ksa-step-1.

Selain itu, KSA juga menghasilkan parameter-parameter lain. Ramalan luas panen dua bulan yang akan datang diperoleh dari luas vegetatif akhir ditambah luas fase generatif. Ramalan luas panen 4 bulan mendatang diperoleh dari luas fase vegetatif awal + luas fase vegetatif akhir + luas fase generatif dan luas lahan yang sedang diolah.

Adapun sintaks SPSS penghitungan luas lahan hasil KSA sebagai berikut:

***** isikan luas baku lahan *****

COMPUTE LBS=825.71.
EXECUTE.

COMPUTE L_V1=P1_mean*LBS.
COMPUTE L_V2=P2_mean*LBS.
COMPUTE L_G=P3_mean*LBS.
COMPUTE L_Standing_Crop = L_V1 + L_V2 + L_G.
COMPUTE L_P=P4_mean*LBS.
COMPUTE L_Panen2=P10_mean*LBS.
COMPUTE L_PanenKumulatif=L_P + L_Panen2.
COMPUTE L_PL=P5_mean*LBS.
COMPUTE L_Bera=P9_mean*LBS.
COMPUTE L_PS=P6_mean*LBS.
COMPUTE L_SBP=P7_mean*LBS.
COMPUTE L_Sawah=L_V1 + L_V2 + L_G + L_P + L_PL + L_Bera + L_PS + L_SBP.
COMPUTE L_BS=P8_mean*LBS.
COMPUTE EST_PN2=L_V2 + L_G.
COMPUTE EST_PN4=L_Standing_Crop + L_PL.
EXECUTE.

Sampai di sini, pembahasan penghitungan luas lahan untuk wilayah yang hanya mempunyai satu strata lahan sawah usai sudah. Pembahasan selanjutnya akan mengupas penghitungan luas lahan hasil KSA di mana terdapat lebih dari satu strata lahan sawah. Semoga bermanfaat.

Baca juga Kalkulasi Luas Lahan dari KSA Step-1

Baca juga Kalkulasi Luas Lahan dari KSA Step-2

Baca Artikel terkait Mengukur Presisi Estimasi Luas Lahan KSA: Satu Strata

 

Advertisements