Selamat bertemu kembali setelah sekian lama tidak mengupdate blog statistikaterapan. Pada posting kali ini, tema tulisan masih terkait menghitung ketimpangan pendapatan penduduk yang didekati dengan variabel pengeluaran. Pada posting sebelumnya, penulis memperkenalkan koefisien gini atau gini ratio sebagai alat ukut ketimpangan pendapatan yang dihitung secara manual. Sebagai alat bantu disediakan pula worksheet excell untuk menghitungnya.

Pada posting kali ini, berbekal dari sharing ilmu dari sahabat saya, Mas Sapta dan mas Budi Santoso (saat ini bertugas di BPS RI Direktorat Statistik Kesejahteraan rakyat), menghitung gini ratio lebih mudah dan cepat dengan menggunakan STATA. STATA menyediakan perintah ineqdeco untuk menghitung ketimpangan. Jika pembaca ingin mengetahui sintaxnya secara lengkap silakan download file ineqdeco di link berikut: http://fmwww.bc.edu/repec/bocode/i/ineqdec0.ado untuk penggunan STATA 8.2 atau lebih atau http://fmwww.bc.edu/repec/bocode/i/ineqdeco5.ado untuk pengguna STATA 5 sampai dengan 8.1.

Manfaat perintah ineqdeco, penulis kutipkan dari penemunya Mr. Stephen P. Jenkins (1999) sebagai berikut, “ineqdeco estimates a range of inequality and related indices commonly used by economists, plus optional decompositions of a subset of these indices by population subgroup. Indices estimated are: members of the single parameter Generalized Entropy class GE(a) for a = -1, 0, 1, 2; the Atkinson class A(e) for e = 0.5, 1, 2; the Gini coefficient, and the percentile ratios p90/p10 and p75/p25.” Jadi, dengan ineqdeco bukan saja gini ratio yang dihasilkan tetapi indeks-indeks ketimpangan lain juga bisa dihitungkan.

Bagaimana menggunakannya? Saya menggunakan data pengeluaran hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional Tahun 2011 Modul Konsumsi. File yang digunakan adalah BLOK43_91.sav (format SPSS). Didalamnya terdapat data pengeluaran perkapita penduduk per rumah tangga yang disimpan dalam variabel “kapita” dan pembobot individu dalam variabel “weind.” Untuk bisa menghitung gini ratio dengan menggunakan stata, transfer file dari format SPSS  menjadi format data stata dengan ekstensi .dta. Anda bisa menggunakan StatTransfer untuk melakukannya sehingga file yang terbentuk menjadi BLOK43_91.dta.

Mari kita mulai menghitung gini ratio dengan STATA. Pertama-tama, bukalah software stata Anda. Perhatikan versi STATA yang digunakan. Selanjutnya, buka data yang sudah berbentuk format dengan ekstensi .dta. Untuk pengguna STATA 5 sd STATA 8.1 ketikkan perintah berikut di jendela STATA COMMAND:

ineqdeco5 kapita [weight=weind]

untuk menghitung gini ratio pada level provinsi. Jika Anda ingin menghitung Gini Ratio sampai tingkat kabupaten, gunakan perintah:

ineqdeco5 kapita [weight=weind], bygroup(b1r2)

di mana b1r2 adalah variabel kabupaten/kota.

Untuk pengguna STATA 8.2 ke atas, ganti perintah ineqdeco5 di atas dengan ineqdeco.

Dengan perintah-perintah di atas, maka ukuran ketimpangan tidak saja gini ratio tetapi ukuran ketimpangan yang lain dihasilkan dengan mudah. Selamat mencoba pembaca, semoga posting kali membantu menyelesaikan tugas-tugas Anda. Wassalam.