Salah satu aplikasi statistik median untuk data berkelompok pada ukuran demografi adalah median umur. Median umur dihitung dengan rumus yang sama dengan formula median data berkelompok sebagaimana tertera pada posting sebelumnya (Bagaimana menghitung Median). Meskipun demikian, ada perbedaan mendasar antara formula median umur dan formula median secara umum. Perbedaannya terletak pada pendefinisian “L”

Secara umum, inisial L pada rumus median mengacu pada Tepi Bawah dari Kelas yang memuat Nilai Median. Itu berarti jika kelas median berada pada kelompok umur 25 – 29 tahun maka nilai L akan dihitung sebesar 24,5 yaitu 25 – 0,5. Tetapi, ahli demografi tidak mengikuti aturan tersebut. Mereka memaknai L sebagai batas bawah kelas median. Dengan demikian, pada saat menghitung median umur maka nilai L pada kasus di atas akan sama dengan 25.

Sebagai seorang statistisi, Saya tidak sependapat dengan demografer yang menetapkan L sebagai batas bawah bukan tepi bawah. Mengapa? Karena rumus median diturunkan dari proses sebagaimana telah dijabarkan penulis pada posting berjudul Menentukan Rumus Median Data Berkelompok di mana secara lugas dijabarkan asal-usul rumus median data berkelompok.