Salah satu bagian penting dalam pengumpulan data adalah pelatihan petugas. Pelatihan petugas berperan dalam mentransfer tata cara atau prosedur pengumpulan data yang telah dirumuskan. Targetnya adalah tata cara atau prosedur pengumpulan data tersebut difahami dan dapat dipraktekkan oleh setiap petugas mulai dari pencacah, pengawas, dan supervisor. Dengan demikian bias karena kesalahan petugas dapat diminumkan.
Jika pengumpulan data dilakukan secara tim dan dilakukan untuk waktu yang lama misal dua bulan, ada aspek lain yang seringkali diabaikan dalam pelatihan petugas. Aspek tersebut adalah membangun kekompakan tim atau korsa. Belum pernah penulis mengikuti pelatihan petugas selain diisi dengan penyampaian materi saja. Padahal membangun motivasi, integritas, dan kekompakan tim sangat dibutuhkan.
Semestinya, selain materi tata cara pengumpulan data, ada sesi-sesi lain yang diisi dengan materi penguatan motivasi, integritas dan kekompakan tim. Salah satunya adalah dengan cara mengundang tim yang mengisi game-game motivasi dan kekompakan tim. Ini baru wacana, tapi untuk mengetahui efektivitasnya perlu untuk dicoba.

Advertisements