Analisis Konjoin (Conjoint Analysis)

Analisis konjoin merupakan salah satu teknik analisis multivariat  yang digunakan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap suatu produk baik berupa barang atau jasa. Teknik analisis konjoin penting karena ada banyak faktor yang mempengaruhi penilaian konsumen dalam menentukan pilihan suatu produk. Sebagai contoh, konsumen ingin membeli produk telepon selular atau HP mungkin dipengaruhi oleh harganya, merek HP, atau jaminan garansi. Dengan analisis konjoin kita dapat mengetahui preferensi konsumen dalam membeli HP apakah harga menjadi pertimbangan utama ataukah mereknya?

 

Untuk memahami analisis konjoin kita sebaiknya memahami konsep atribut dan level. An attribute is a general feature of a product or service – say size, colour, speed, delivery time. Each attribute is then made up of specific levels. So for the attribute colour, levels might be red, green, blue and so on. Pada contoh HP di atas, ada tiga atribut HP yang diteliti yaitu harga, merek dan jaminan garansi. Masing-masing atribut mempunyai level. Atribut harga bisa kita beri level 1. Harga HP kurang dari satu juta rupiah, 2. Harga HP antara satu dan tiga juta rupiah, dan 3. Harga HP di atas tiga juta rupiah. Atribut Merek bisa dibagi dalam level 1. Nokia, 2. Samsung, 3. Siemen. Atribut jaminan garansi bisa dibagi dua level yaitu, 1. Garansi Pabrik, 2. Garansi Distributor.

 

Ada dua informasi yang dapat diperoleh dari analisis konjoin. Pertama, preferensi konsumen terhadap atribut yang diteliti. Kedua, nilai utilitas dari masing-masing level dalam setiap atibut. Dalam contoh HP misalnya, atribut apa yang paling disukai konsumen dalam membeli HP? Selanjutnya, mana di antara tiga kategori harga yang diajukan yang paling disukai konsumen/pembeli HP.

 

Kedua informasi tersebut dapat diperoleh melalui model linear, tepatnya generalize linear model (GLM). Estimasi parameternya akan menghasilkan nilai utilitas level dari masing-masing atribut. Selanjutnya dengan menggunakan fungsi Part-Worth dapat diperoleh tingkat preferensi konsumen terhadap atribut yang diberikan.

 

Untuk lebih memahami kita langsung saja pada penjabaran preferensi konsumen dalam membeli HP. Model yang digunakan adalah:

 

Dengan:

Y(IJKL)      =     nilai stimulan untuk kombinasi atribut Harga pada level ke-i,

                       Merek pada level ke-j, dan Garansi pada level ke-k dari konsumen

                       ke-l.

Alpha (I)       =     parameter dari atribut Harga pada level ke-i, di mana i = 1

                            untuk Harga HP kurang dari satu juta rupiah, i = 2 untuk Harga 

                            HP antara satu dan tiga juta rupiah, dan i = 3 untuk Harga HP

                            di atas tiga juta rupiah.

Betha (J)       =     parameter dari atribut Merek HP pada level ke-j, di mana j = 1

                            untuk HP merek Nokia, j = 2 untuk HP merek Samsung, dan j =

                            3 untuk HP merek Siemen.

Gamma (K)       =  parameter dari atribut Garansi HP pada level ke-k,

                             di mana k = 1 untuk Garansi HP pabrik, dan k = 2 untuk

                             Garansi HP dari distributor.

Epsilon (L)     =     error

 

Kepada responden ditanyakan 18 kombinasi HP kemudian preferensi untuk membeli HP tersebut. Preferensi keinginan untuk membeli HP bisa digunakan skala likert. Misalnya skala 1  – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 – 8 – 9. Skala 1 untuk menyatakan sangat ingin membeli dan 9 untuk menyatakan sangat tidak ingin membeli. Sebagai contoh, jika kepada konsumen ditawarkan nokia, dengan harga antara 1 – 3 Juta, dengan garansi distributor, berapa skala yang akan diberikan konsumen? Ketujuh belas kombinasi HP bisa dilihat pada Tabel 1 berikut.

 

 

Tabel 1. Kombinasi Atribut dan Level HP.

No. Atribut Penilaian Konsumen
Harga Merek Garansi
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) (11) (12) (13)
1 < 1 juta Nokia Pabrik 1 2 3 4 5 6 7 8 9
2 < 1 juta Nokia Distributor 1 2 3 4 5 6 7 8 9
3 < 1 juta Samsung Pabrik 1 2 3 4 5 6 7 8 9
4 < 1 juta Samsung Distributor 1 2 3 4 5 6 7 8 9
5 < 1 juta Siemen Pabrik 1 2 3 4 5 6 7 8 9
6 < 1 juta Siemen Distributor 1 2 3 4 5 6 7 8 9
7 1 – 3 juta Nokia Pabrik 1 2 3 4 5 6 7 8 9
8 1 – 3 juta Nokia Distributor 1 2 3 4 5 6 7 8 9
9 1 – 3 juta Samsung Pabrik 1 2 3 4 5 6 7 8 9
10 1 – 3 juta Samsung Distributor 1 2 3 4 5 6 7 8 9
11 1 – 3 juta Siemen Pabrik 1 2 3 4 5 6 7 8 9
12 1 – 3 juta Siemen Distributor 1 2 3 4 5 6 7 8 9
13 > 3 juta Nokia Pabrik 1 2 3 4 5 6 7 8 9
14 > 3 juta Nokia Distributor 1 2 3 4 5 6 7 8 9
15 > 3 juta Samsung Pabrik 1 2 3 4 5 6 7 8 9
16 > 3 juta Samsung Distributor 1 2 3 4 5 6 7 8 9
17 > 3 juta Siemen Pabrik 1 2 3 4 5 6 7 8 9
18 > 3 juta Siemen Distributor 1 2 3 4 5 6 7 8 9

 

Brsambung………

 

 

 

 

 
 
 
 

 

 

26 Comments

  1. Assalamu alaikum bapak.

    Saya mahasiswi baru yang sedang memahami konjoin.
    Saya mempunyai masalah karena belajar otodidak dan saya kebingungan mencari soal dan penyelesayannya.
    Mohon bantuannya untuk contoh soal dan penyelesayannya.
    Email saya #muhajir7666666@gmail.com

    Wassalamu alaikum bapak.

    1. Cara termudah memahami Conjoint Analysis adalah membaca contoh kasus dari menu Help SPSS. Di sana diberikan sejumlah contoh sekaligus penyelesaiannya.

  2. halo pak, kebetulan saya sedang memuat thesis menganai analisa conjoint. boleh minta referensinya tidak karena sudah buntu cari ttg teori dllnya.
    boleh kirim referensinya ke rhmsyfa@gmail.com. makasih pak

  3. Aslkm pak,
    Saya sedang belajar konjoin, sudah coba nulis syntax pertama persis dengan yang ada di buku p Imam Ghozali tapi kok selalu gagal ya, mohon bantuannya , mksih

  4. Aslkm pak,
    saya mencoba menuliskan syntax seperti contoh pada buku pak Imam Ghozali padahal sudah sama persis tetapi selalu gagal, mohon pencerahannya pak, mksh

  5. Pagi Pak..
    Pak saya mahasiswi yang sedang nyusun tugas akhir make analisis konjoint,..tapi saya bingung…saya punya 6 atribut dengan jumlah level masing-masing atribut ada 2..jumlah stimuli yang terbentuk ntar ada 64 stimuli..nah waktu mw nyebar kuesioner ke responden dari sumber yang saya baca jumlah stimulinya di reduksi dulu agar tidak menyulitkan responden me ranking,..nah perekduksian stimuli ini prosesnya gimana Pak??apa pke survei pendahuluan ato gimana Pak??Mohon informasiny Pak..email saya : widya071@yahoo.com
    MakasihPak..

  6. halo pak, kebetulan saya lg susun tugas akhr berhubungan judulnya analisis konjoin, tp saya tdk punya referensi lengkap, maka itu saya minta bantuan bapak agar bisa memberikan file-file yg lengkap tentang analisis konjoin. Email aja ke
    Jackmarthin96@yahoo.com terima kasih y pak ditunggu tanggapannya

  7. pak,, saya ;lagi nyusun tugas akhir menggunakan konjoin..
    tapi saya sulit sekali mencari buku-buku yang berhubungan dengan konjoin..
    bisakaha bapak menyebutkan buku yang berkaitan?
    trimakasih

  8. selamat siang pak..
    kebetulan saya juga sedang menyusun tugas akhir menggunakan analisis konjoin.
    dan saya sangat membutuhkan referensi dan langkah2 yang benar untuk memulai penelitian.
    jika bapak berkenan mohon hubungi saya lewat email denz_dphantom@yahoo.co.id.

    terima kasih banyak pak.

  9. Pak, ditunggu artikel lanjutanya yaa, dan mohon disertakan detail cara ortho array dengan konjoin di spssnya
    terimakasih, minta no hpnya yaa pak

  10. Selamat malam pak
    saya kebetulan sedang menyusun skripsi menggunakan analisis conjoint.
    saya ingin bertanya apakah boleh memakai Likert Scale ?
    Karena dosen saya mengatakan, Likert Scale tidak dapat dipakai untuk Conjoint Analysis
    Jika bapak berkenan untuk membantu saya, harap hubungi email saya
    pratama_mirza_hermansyah@yahoo.co.id
    saya tunggu responnya pak

    Terima kasih

  11. selamat siang pak, kebetulan saya sedang menyusun tesis mengenai keputusan pemilihan pasien di 2 rumah sakit menggunakan analisis konjoin. apa saya boleh bertanya lebih lanjut pada bapak mengenai analisis ini?kemudian literatur/buku yang lebih jelas ttg metode ini? tolong direspon melalui email . terima kasih banyak

  12. selamat malam, saya sudah mencoba memasukan di syntax untuk syntax pertama berhasil saya lakukan tetapi untuk sytax kedua selalu muncul tulisan
    Text: D:\CONJOIN.SAV
    The file does not exist.
    This command not executed.
    ini kenapa ya pak? mohon tanggapannya trima kasih

    1. @tea: Maaf banget baru baca commentnya. Penyebab munculnya error adalah lokasi file Tea yang belum sesuai dengan sintaksnya. Cobalah sintaksnya di modif dikit aja untuk menyesuaikan di mana Tea menempatkan lokasi file xxxx.sav nya.

  13. pak, dalam penentuan atribut yang akan digunakan kan harus menggunakan survey pendahuluan..tidak bisa sembarangan menentukan atributnya.
    yang ingin saya tanyakan, survey pendahuluan itu seperti apa?
    apa hanya bertanya kepada beberapa orang?
    atau kita membuat lembaran khusus kemudian mereka mengisinya?
    trus penentuan berapa orang yang ditanyai bagaimana pak?apa ada ketentuannya?

  14. sore Pak, kebetulan saya sedang menyusun skripsi yang menggunakan anaisis konjoin, bia berkenan boleh saya dapat fie penuhnya tentang tulisan Bapak di atas,saya masing ingin melihat bahasan tentang interpretasi dari data yang diolah. terimakasih, sya tgu y Pak.

  15. asalam
    pak saya butuh bagt referensi yg banyak ttg analisis konjoin, klo bpk mau bantu ke alamat email sy qrezq@yahoo.com

    n tolooooong bgt ya pak. 😀
    mksih sblmnya
    ttg analisis konjoinna dilanjutin pak, heheh

  16. Selamat malam pak, serupa dengan ndy, sayapun sedang menulis Thesis tentang valuation yang didalamnya menggunakan analisa konjoin. saya telah mendonlot contoh pengerjaan conjoint dari site ini, namun saya mengalami eror ketika running. dapatkah bapak menolong saya?
    terima kasih

  17. selamat malam pak, kebetulan saya menyusun tesis mengenai menggunakan analisis konjoin. apa saya boleh bertanya lebih lanjut pada bapak mengenai analisis ini? tolong direspon melalui email . terima kasih

Leave a reply to septi Cancel reply